Distributor Silica Sand Jakarta

Published by suryamalam on

Distributor Silica Sand Jakarta Pasir Silika atau pasir kuarsa (silica sand) salah satu material tambang yang mempunyai rumus kimia (SiO2), material tersebut kami peroleh dari beberapa daerah di Indonesia khususnya di Jawa (daerah Tuban dan Rembang), di Sumatera (daerah Bangka Belitung), dan di Kalimantan (daerah Palangkaraya).

Pasir silika adalah salah satu bahan baku untuk industri semen, industri kaca, industri keramik, sand blasting, industri bata ringan dan pengolahan air. Untuk masing-masing industri, masing-masing mempunyai persyaratan kualitas pasir silika tertentu. Umumnya pasir silika yang ada di Indonesia memiliki komposisi SiO2 minimum 90%, Fe2O3 antara 0,01 – 0,4%, Al2O3, CaO, MgO, TiO2, Na2O, TiO2, dengan warna putih, putih kecoklatan, atau putih kemerahan.

Untuk industri semen dan keramik, persyaratannya komposisi pasir silika tidak begitu ketat, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan pasir silika langsung dari proses penambangan, tanpa perlu melalui proses pencucian. Sedangkan untuk industri bata ringan, pasir silika yang diperoleh dari proses penambangan, kemudian dilakukan proses pencucian untuk menghilangkan kadar lumpurnya.

Kebutuhan pasir silika untuk industri sand blasting hanya memerlukan persyaratan untuk ukuran butiran pasir silikanya. Lain halnya dengan kebutuhan pasir silika untuk industri kaca yang memerlukan persyaratan khusus, atau kualitas tinggi (high grade), dengan kandungan besi (Fe) maksimum 0,003 dan kandungan silika mencapai (SiO2) minimum 99%.

Sehingga kebutuhan pasir silika untuk industri kaca memerlukan proses pencucian dan proses untuk menurunkan nilai kandungan besi (Fe) didalamnya.

Untuk industri kaca di Indonesia kami Distributor Silica Sand ambil dari sumber bahan baku pasir silika dari tambang di Bangka Belitung atau Kalimantan, dikarenakan hasil dari tambang pasir silika di kedua daerah itu kualitas kandungannya sudah bisa memenuhi spesifikasi persyaratan kebutuhan bahan baku untuk industri kaca tersebut

Kegunaan Pasir Silika

Pasir silika memegang peranan yang cukup penting dalam dunia industri. Pasir silika dimanfaatkan dalam berbagai industri, diantaranya:

  • Pasir silika digunakan untuk sand blasting, yaitu teknik membersihkan kerak / karat di mesin / logam dengan semprotan pasir silika tekanan tinggi.
  • Di Manfaatkan Sebagai bahan tambahan pada industri genteng keramik, genteng metal/logam agar ketika turun hujan dapat meredam suara rintikan air hujan yang mengenai genteng.
  • Di gunakan sebagai bahan baku semen / mortar / ready mix.
  • Pasir Silika dimanfaatkan sebagai bahan baku pabrik keramik.
    Pada pengolahan air untuk penjernihan dengan menyerap lumpur, tanah, dan sedimen.
  • Silica Sand dimanfaatkan pada industri bahan abrasit yaitu amplas / sand blasting.
  • Di gunakan sebagai bahan utama untuk industri industri gelas/kaca (SiO2 > 98%), industri semen (SiO2 sebanyak 21,3%), industri tegel/keramik (sebagai pembentuk sifat licin dan mengkilap/mudah dibersihkan), industri pembuatan ferosilikon dan silikon carbida, dan industri mikrochip/ komponen elektronika dengan ukuran nano silika.
  • Bahan tambahan/campuran dalam industri beton precast/ pracatek untuk dunia konstruksi (ukuran mikro silika), perminyakan/pertambangan, bata tahan api (refraktori).
  • Silica Sand digunakan sebagai bahan campuran pada industri karet/ban/cat yang berfungsi sebagai bahan pengeras dengan ukuran yang digunakan nano silika.
Categories: silica sand